Minggu, 23 Agustus 2009

Ultrathin si Notebook $399


Teknologi


23/08/2009 - 12:58

Netbook Murah Bakal Tergusur
Budi Winoto


INILAH.COM, Jakarta – Dominasi netbook murah bisa terancam dengan hadirnya kategori laptop ultrathin yang sedang tumbuh pesat. Laptop ultrathin lebih menarik dari netbook karena mampu bersaing dalam hal fitur dan harga.

Ultrathin lebih menguntungkan karena kategori laptop ringan ini portabilitasnya menyamai netbook. Namun begitu performanya cukup untuk menjalankan semua aplikasi seperti multimedia definisi tinggi, serta game kelas berat. Kategori ini muncul pertama kali saat Hewlett-Packard (HP) pada Januari lalu mengenalkan laptop DV2 yang harganya sekitar US$ 700.

Dibandingkan laptop ultrathin, netbook hanya didesain untuk surfing web dan menjalankan aplikasi dasar seperti software word processing. Netbook juga memiliki performa lebih rendah, dan hanya memiliki keyboard kecil serta layar 8 inci hingga 12 inci.

Dell mengenalkan laptop ultrathin Inspiron 11z pertamanya US$ 399 pekan ini. Harga itu masuk ke ranah netbook kebanyakan yang ada saat ini. Dengan layar 11.6 inci, laptop itu memiliki portabilitas netbook tapi dengan kemampuan laptop penuh, kata Anne Camden di situs blog Dell.

Laptop itu dipersenjatai prosesor Celeron 723 yang berjalan dengan kecepatan 1,2GHz. Prosesor ini lebih powerfull dibandingkan Intel Atom yang ada di netbook. Laptop yang memiliki berat 1,36 kilogram itu beda tipis dari netbook Dell kebanyakan. Fiturnya juga memasukkan kemampuan memainkan video definisi tinggi, sesuatu yang tidak mungkin ada di netbook.

Jika produk Dell dijadikan sebagai indikator, maka harga laptop ultrathin yang saat ini di kisaran US$ 500 dan lebih mahal akan turun, kata Roger Kay, presiden Endpoint Technologies Associates. Ia mengatakan laptop ultrathin juga bisa menggigit penjualan netbook yang unggul dalam harga antara US$ 200 hingga US$ 500.

Intel telah tak tahan untuk mempromosikan laptop ultrathin, tapi hingga kini harganya terlalu mahal, kata Kay. Sementara Intel dan Advanced Micro Device (AMD) sama-sama menyediakan chip untuk produsen laptop ultrathin.

Harga Dell Inspiron 11z merupakan langkah cerdik dan bisa membuat laptop ultrathin sebagai alternatif netbook bagi konsumen yang mempertimbangkan harga, kata Kay. Ultrathin menyediakan performa superior, sedangkan ukuran dan berat sama seperti netbook.

"Itu harga yang sangat agresif, tapi tidak memiliki batasan performa seperti netbook," papar Kay. Sebagai contoh, ultrathin bisa menjalankan Windows 7 Home Premium, di mana netbook rata-rata tidak bisa menjalankannya.

Bangkitnya laptop ultrathin ini juga menguntungkan Microsoft yang ingin mendapatkan profit lebih besar dari segmen laptop low-end. Penjualan netbook kelas berat telah mempengaruhi pendapatan Microsoft, dan raksasa software itu berharap keuntungan besar di pasar laptop ultrathin yang mulai bangun.

Revenue Microsoft berhasil mencapai puncak akibat pengapalan netbook di tengah turunnya PC global selama triwulan keempat tahun fiskal 2009. "Ada situasi di mana Microsoft mencoba memasarkan Windows 7 yang profitable ke pasar low-end," imbuhnya.

David Daoud, research manager di IDC mengatakan Microsoft merencanakan akan menawarkan Windows 7 Starter yang bisa berjalan di netbook, tapi juga ingin mendorong versi yang lebih mahal semacam Windows 7 Home Premium yang dapat berjalan di laptop ultrathin. Karena hal itu akan bisa menghasilkan revenue lisensi yang lebih besar.

"Laptop ultrathin akan berusaha kembali ke mode normal dengan tingkat harga tinggi jadi ada margin bagi semua orang, tapi ekonomi faktor yang sulit dikendalikan," kata Daoud.

Ekonomi saat ini sedang tidak mendukung dan perbedaan US$ 50 berarti besar bagi konsumen. Sementara beberapa pembeli tidak peduli mengenai performa atau ukuran dalam membeli netbook.

“Ada kebingungan di pasar. Beberapa konsumen sungguh tidak peduli. Bagi mereka ultrathin, Atom, mungkin mereka tidak tahu bedanya," kata Daoud. Sementara laptop mainstream juga merasakan tekanan harga di mana konsumen akan berpindah ke netbook dan ultrathin dalam mencari perangkat untuk mobilitas. [E1]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar