Senin, 16 November 2009

Honda dan Yamaha Nikmati 91 Persen Pangsa Pasar Sepeda Motor Indonesia


Kompas.com/Zulkifli BJ

Penjualan sepeda motor dari Januari-Oktober 2009 dibandingkan dengan penjualan ritel mobil di Indonesia.


JAKARTA, KOMPAS.com- Pasar motor Indonesia tetap bergairah. Periode 10 bulan 2009, berdasarkan data terakhir AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) yang diperoleh KOMPAS.com, telah terjual 4.780.802 unit sepeda motor.

Untuk Oktober 2009 saja, penjualan motor mencapai 615.265 unit, naik 45,5 persen dibandingkan bulan sebelumnya (September 2009: 422.718 unit). Kendati demikian, penjualan sepeda motor tertinggi selama 2009 justru terjadi pada Agustus 2009, 627.945 unit.

Kondisi tersebut menggambarkan, seperti yang diprediksi Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata, penjualan sepeda motor tahun ini mencapai 5,7 juta, tidak akan meleset. Dibandingkan tahun lalu (6,2 juta unit), penurunan hanya 20 persen. Sebelumnya sempat diperkirakan, penjualan tahun ini akan turun sekitar 30 persen. No bad!

Honda versus Yamaha
Meski anggota AISI ada 7 merek, yaitu Honda, Kawasaki, Kanzen, Kymco, Piaggio, Suzuki dan Yamaha, hanya dua merek yang menguasai mayoritas pasar motor Indonesia, yaitu Honda dan Yamaha. Keduanya kalau digabungkan, selama 10 bulan ini, mencaplok 91,33 persen pangsa pasar sepeda motor Indonesia.

Honda 2.192.469 unit (45,86 persen) dan Yamaha 2.173.631 unit (45,47 persen). Sisanya, 414.702 unit dibagi 3 merek lain. Suzuki kebagian 361.792 unit atau 7,57 persen. Dua merek lainnya yang masih mencicipi adalah Kawasaki dan Kanzen, masing-masing 1,04 persen dan 0,07 persen. Sedangkan Kymco dan Piaggio dilaporkan nihil.

Dominasi Bebek
Berdasarkan kategori, bebek alias underbone, masih terbesar. Namun kini hanya tinggal 54,80 persen, semua menggunakan mesin menggunakan mesin 4-tak. Di kategori ini Honda masih berjaya, menguasai 1.351.860 unit, sedangkan Yamaha 1.014.098 unit.

Produsen dengan simbol tiga garpu tala, Yamaha, mendominasi kategori skuter dengan total penjualan 982.809 unit (melalui Mio). Honda dengan tiga versi produknya, Vario Techno, Vario dan Beat kebagian 673.644 unit. Lantas, Suzuki yang mengandalkan Spin, Skywave dan Skydrive memperoleh 100.934 unit. Total pangsa pasar skutik 36,76 persen dari seluruh kendaraan roda yang dipasarkan oleh anggota AISI di Indonesia.

Kategori sport hanya memperoleh pangsa 8,44 persen dengan komposisi, mesin 2 tak 0,51 persen dan 4-tak 7,93 persen. Pangsa sport jadi milik Yamaha, dengan total penjualan 176.724 unit, kompetitor terdekatnya Honda 166.965 unit.

Cukup menarik, kendati kecil, pada kategori ini, posisi ketiga, kini diduduki oleh Kawasaki dengan total penjualan mencapai 37.283 unit. Sedangkan Suzuki yang selama ini mengandalkan Thunder, kebagian 22.517 unit.

Kejar-kejaran
Penjualan dua merek yang sangat perkasa di arena pasar sepeda motor Indonesia, Honda dan Yamaha, sepanjang 2009 berlangsung sangat ketat, saling susul-menyusul. Honda unggul pada total penjualan Januari, Februari, Maret, Agustus, September dan Oktober. Sedangkan Yamaha pada April, Mei, Juni dan Juli.

Nah, agar kembali posisi depan, Yamaha sudah mempersiapkan senjata barunya untuk menarik hati konsumen Indonesia!

ZBJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar