Selasa, 14 Februari 2012

Seagate Ambil Alih Bisnis Hard Disk Samsung

Rabu, 21 Desember 2011, 08:44 WIB

VIVAnews - Seagate Technology, salah satu pemain utama di bisnis hard disk akhirnya menuntaskan transaksi pengambilalihan bisnis hard disk milik Samsung Electronics Co., Ltd. Sesuai perjanjian, Seagate kini menguasai aset, infrastruktur, dan karyawan Samsung.

Sebagai informasi, produk andalan Samsung adalah hard disk 2,5 inci berkapasitas tinggi yakni seri Samsung M8. Adapun karyawan-karyawan yang diambil adalah mereka yang bertugas di bidang desain teknis fasilitas Samsung Korea yang fokus ke pengembangan komponen untuk mobile.

"Seagate dan Samsung akan bekerjasama untuk memenuhi peningkatan permintaan produk perangkat penyimpanan,” kata Steve Luczo, Chairman, President dan CEO Seagate, dikutip dari New York Times, 21 Desember 2011. “Ini waktu yang menarik di industri dengan peluang yang besar di pasar komputasi mobile, cloud computing, dan solid state storage,” ucapnya.

Transaksi ini awalnya diumumkan pada April 2011 bersama dengan serangkaian perjanjian lain antara Seagate dan Samsung. Seagate memasok disk drive untuk perangkat PC, notebook dan perangkat konsumer elektronik Samsung.

Adapun Samsung memasok produk semi konduktor untuk penggunaan pada produk SSD (solid state drive) dan solid-state drive hybrid dan produk Seagate lainnya.

Kedua perusahaan ini juga telah memperluas dan meningkatkan kesepakatan  lisensi silang penggunaan bersama paten kedua perusahaan dan telah memperluas kerjasama untuk bersama mengembangkan solusi-solusi storage untuk enterprise.

"Kerjasama strategis akan membuka peluang baru untuk kedua perusahaan dengan saling melengkapi solusi teknologi kreatif satu sama lain guna menghadirkan aplikasi-aplikasi IT yang beragam," kata Oh-Hyun Kwon, Vice Chairman of Device Solutions Samsung Electronics.

Nilai gabungan dari transaksi dan perjanjian mencapai US$1,4 miliar atau sekitar Rp12,7 triliun, terdiri dari 45.239.490 saham biasa (ordinary shares) Seagate dan sisanya dibayarkan secara tunai. Selain itu, Samsung akan menunjuk direktur untuk bergabung dalam dewan direksi Seagate.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar