Selasa, 02 Juni 2009

Strategi Bisnis sebuah Proses Berkesinambungan

Assalamu'alaikum.

Pertengahan tahun 2009 ini masih merupakan tahun yang berat bagi dunia bisnis. Akibat dari krisis finansial Amerika masih berimbas ke negara-negara lain, di kawasan asia tenggara saja beberapa negara memiliki pertumbuhan ekonomi yang negatif; seperti negara Thailan, Singapura dan Malaysia juga sudah mengikutinya. Masih beruntung Indonesia yang masih memiliki pertumbuhan pasitif pada kwartal pertama ini, dikarenakan pasar dalam negeri masih mampu untuk menyerap produksi kita.

Pada keadaan seperti ini menjadi kemestian bagi pebisnis untuk menjalankan strategi bisnis dengan baik, terutama bagi bisnis yang memiliki investasi besar yang akan menimbulkan banyak kerugian jika strategi yang diterapkan ternyata banyak kekeliruannya.

Strategi bisnis adalah sebuah proses yang berkesinambungan mulai tahap perumusan strategi, implementasi dan evaluasi strategi tersebut, hasil dari evaluasi akan kembali berpengaruh kepada perumusan strategi untuk masa berikutnya. Salah satu aktifitas pada tahapan penyusun strategi bisnis adalah melakukan audit eksternal, melakukan pemantauan perkembangan lingkungan jauh dan lingkungan dekat dari bisnis yang kita jalankan. Terkait dengan audit eksternal inilah blog ini didedikasikan, sebagai "kliping" bagi data-data online.

Semoga blog ini bermanfaat bagi pebisnis, mahasiswa manajemen strategi dan masyarakat luas pada umumnya.

Wassalam

edwar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar