Selasa, 07 Juli 2009

AQUA Delisting


Aqua Siap Tinggalkan Bursa


Selasa, 7 Juli 2009 | 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Aqua Golden Mississippi Tbk (AQUA) sudah mantap untuk meninggalkan bursa saham dan menjadi perusahaan tertutup (go private). Mereka sudah memilih PT Truscel Capital sebagai penilai independen. Truscel akan menghitung harga wajar saham perusahaan air minum kemasan itu.

Presiden Direktur Aqua Golden Mississippi Parmaningsih Hadinegoro mengungkapkan melalui pesan singkatnya kepada Kontan, Senin (6/7) kemarin, AQUA resmi menunjuk Truscel Capital pada Jumat (3/7) pekan lalu.

Senior Partner Truscel Capital Saiful M. Ruky mengakui sudah mendapatkan order itu dari AQUA, tetapi baru sebatas pemberitahuan secara lisan. "Sampai saat ini kami masih menunggu surat pernyataan resminya," tutur Saiful, kemarin.

Truscel Capital mengaku sudah bersiap menilai aset AQUA guna menentukan harga wajar saham perusahaan itu. Adapun jangka waktu penyelesaian penilaian tidak akan lebih dari enam minggu.

Saiful menambahkan, satu-satunya tugas Truscel hanyalah menilai harga wajar AQUA. Truscel hanya membantu menyuguhkan harga yang sesuai saat AQUA berniat membeli sisa saham yang masih berada di tangan publik melalui tender offer. "Namun masalah penentuan berapa harga tender offer-nya akan menjadi keputusan manajemen AQUA sendiri," katanya.

AQUA mencetuskan rencana keluar dari bursa saham secara sukarela (voluntary delisting) semenjak 2001, setelah Danone mengambil alih. Namun, rencana itu belum terlaksana. Awal Juni 2009 lalu, AQUA menghangatkan lagi rencana lama itu.

Menurut bisik-bisik di kalangan pelaku pasar, AQUA berniat go private lantaran perdagangan saham AQUA sudah mati suri alias tidak likuid. Saat ini, pemegang saham publik AQUA hanya tersisa 6,4 persen dari total saham perusahaan itu yang tercatat sebanyak 13,16 juta saham.

Pada akhir penutupan pasar kemarin, harga saham pemimpin pasar di industri air minum kemasan ini tercatat Rp 244.800 per saham. Harga tersebut, masih sama dengan harga penutupan AQUA pada perdagangan saham akhir pekan lalu, Jumat (3/7). (Yuwono Triatmodjo/Kontan)

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/07/07/11305936/aqua.siap.tinggalkan.bursa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar