Kamis, 30 Juli 2009

Yahoo bekerjasama dengan Microsoft


Teknologi - IT dan Internet
30/07/2009 - 14:01
Yahoo-Microsoft Keroyok Google


INILAH.COM, Jakarta - Yahoo dan Microsoft akhirnya mencapai kata sepakat kerjasama yang sudah dirancang sejak lama. Melalui kerjasama itu, dua perusahaan menyatukan kekuatan untuk menantang pemimpin pasar Google.

Dalam perjanjian tanpa cash itu, Yahoo akan menggunakan situs pencari Microsoft yang baru Bing. Yahoo akan berperan secara eksklusif sebagai penjual iklan global pencarian premium di situs itu.

Menurut firma ComScore, Google menguasai 65% pasar pencarian. Gabungan antara Yahoo dan Microsoft akan menjadikannya memiliki 30% market share.

Yahoo, yang tahun lalu menolak tawaran US47,5 miliar pengambilalihan dari Microsoft, menyatakan akan mendapat kenaikkan US$500 juta operating income tahunan. Selain juga mendapat US$200 juta penghematan capital expenditure melalui perjanjian dengan Microsoft itu.

Yahoo juga memperkirakan perjanjian itu akan menyediakan US$275 juta operating cash flow tahunan.

"Aku yakin perjanjian itu menjadi fondasi era baru inovasi internet,” kata chief executive Yahoo Carol Bartz.

Chief executive Microsoft Steve Ballmer mengatakan perjanjian itu akan menjadikan Bing makin kuat dalam menantang Google, selain menarik lebih banyak user dan pengiklan.

"Dengan kerjasama dengan Yahoo akan membuat pencarian lebih inovatif dan nilai tambah bagi pengiklan. Kerjasama ini akan memberikan kami kekuatan dan sumber daya untuk membuat pencarin di masa depan,” kata Ballmer.[ito]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar