Minggu, 12 Juli 2009

GM Baru


Sabtu, 11/07/2009 10:09 WIB

GM Terlahir Kembali
Wahyu Daniel - detikFinance


Foto: Reuters

Jakarta - Setelah dinyatakan bangkrut, General Motors Company (GM) baru dibentuk kembali dan mulai beroperasi. GM baru ini terlahir setelah GM sebelumnya meminta perlindungan kebangkrutan via chapter 11

"Hari ini merupakan sebuah awal baru bagi General Motors, termasuk bagi para pegawai dan saya untuk kembali kepada bisnis untuk mendesain, membangun, dan menjual mobil-mobil hebat, truk, dan melayani setiap kebutuhan para pelanggan," ujar CEO GM Fritz Henderson dalam siaran pers yang diterima detikFinance , Sabtu (11/7/2009).

Fritz mengatakan, dirinya bersama pegawai lain akan bekerja keras untuk membayar kepercayaan pemerintah dengan membangun GM baru yang berjalan sukses.

Adapun empat merek utama yang dimiliki GM adalah Chevrolet, Cadillac, Buick and GMC cars. Perusahaan juga akan terus berusaha mempunyai neraca keuangan yang bersih dan lebih mengefisienkan biaya-biaya yang ada.

"Satu hal yang kita pelajari dan 100 hari terakhir ini adalah bahwa GM dapat bergerak cepat. Hari ini kita harus bergerak cepat dan merubah keadaan dari proses kebangkrutan yang lalu menjadi sebuah GM yang baru," kata Fritz.

Bentuk GM baru ini memang lebih kecil dan efisien, karena itu pada akhir 2009 GM akan mengurangi jumlah dealer dari 6.000 dealer di AS menjadi 3.600 dealer saja. Namun meski begitu GM tetap menjadi perusahaan yang mempunyai jaringan dealer terbesar di AS.

GM baru ini sebagaian besar sahamnya dimiliki oleh pemerintah AS. Daftar kepemilikan GM baru ini adalah:


Departemen Keuangan AS: 60.8%
UAW (United Auto Workers ) Retiree Medical Benefits Trust : 17.5%
Penmerintah Kanada dan Ontario: 11.7%
GM Lama: 10%


GM baru ini akan beroperasi dengan neraca yang lebih kuat dengan bantuan utang pemerintah AS sekitar US$ 11 miliar, di luar itu ada juga saham sebesar US$ 9 miliar.

(dnl/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar